Kebaikan Probiotik Untuk Kucing

Teman wooku tubuh kucing mengandung triliunan bakteri hidup, yang sebagian besar berada di usus. Bakteri usus ini adalah bagian dari mikrobioma mereka dan bisa berubah berdasarkan jenis makanan, status kesehatan, dan pola gaya hidupnya.

Seorang peneliti yang bernama Brittany Vester Boler, PhD dari perusahaan Nestlé Purina PetCare menjelaskan sama halnya seperti kebanyakan hewan mamalia lain, kucing juga dikelilingi oleh bakteri selama masa persalinan dan kelahiran. Namun, tidak seperti manusia, setiap anak kucing yang lahir dengan terbungkus dalam kantung ketuban, yang merupakan selaput seperti jeli yang berisi cairan bening. Setelah lahir, induk kucing mulai menjilati anak kucing dan merobek kantung ini sehingga anak kucing dapat menghirup udara. Setelah terpapar ke dunia luar, mikrobiota anak kucing diubah oleh semua yang berinteraksi dengannya, sehingga komunitas mikrooorganismenya menunjukkan perubahan.

Saluran pencernaan kucing mendukung komunitas bakteri beragam yang secara langsung mempengaruhi kesehatan dan nutrisi mereka. Duodenum kucing dapat menampung hingga 100 juta sel per gram kotoran dan didominasi oleh bakteri yang hidup di lingkungan dengan jumlah oksigen yang rendah.

Sama seperti pada manusia, sejumlah kondisi kesehatan pada kucing dikaitkan dengan perubahan komposisi bakteri di usus. Selama masa stres dan infeksi, keseimbangan mikrobioma dapat meningkatkan jumlah bakteri jahat, membuat sistem mereka tidak seimbang, dan berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan seperti:

  • penurunan nafsu makan
  • muntah
  • diare
  • perubahan tinja

Sebaliknya, bakteri baik ketika berada pada tingkat optimal telah terbukti membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, meminimalkan pertumbuhan bakteri jahat, dan bekerja mengembalikan keseimbangan mikrobioma yang sehat.

Apakah kucing saya membutuhkan suplemen probiotik tertentu?

Probiotik adalah menambahkan bakteri baik hidup ke tubuh kucing Teman wooku. Ketika diberikan kepada hewan peliharaan baik melalui makanan atau sebagai suplemen, probiotik akan bekerja untuk membantu mengisi dan menyeimbangkan mikrobioma usus. Harapannya adalah menghasilkan efek kesehatan yang positif, baik dalam sistem pencernaan dan untuk kesehatan kucing secara keseluruhan.

Seorang dokter hewan Dr. Emily Cross dari situs Purina menjelaskan, cara kerja probiotik untuk kucing membantu menurunkan pH di usus dan membantu bakteri usus yang baik berkembang.
Probiotik kucing datang dalam berbagai bentuk termasuk cairan atau bubuk. Saat mencari pilihan terbaik untuk kucing teman wooku , penting untuk mencari pilihan yang tidak hanya sesuai dengan preferensi selera kucing teman wooku , tetapi juga yang mengandung jumlah CFU (unit pembentuk koloni) tertinggi dan mengandung berbagai jenis bakteri probiotik. Beragam probiotik seperti Lactobacillus, Bifidobacterium, dan Enterococcus membantu mengoptimalkan kesehatan pencernaan lebih dari bakteri strain tunggal.

Para ilmuwan yang mempublikasikan penelitian mereka di jurnal BMJVet Record Open menjelaskan, Secara keseluruhan, peneliti menyimpulkan bahwa kucing dalam kelompok probiotik menunjukkan kotoran yang lebih kering, dibandingkan dengan kucing dalam kelompok kontrol. Kotoran yang dihasilkan oleh kucing dalam kelompok probiotik juga memiliki tingkat bakteri koliform yang lebih rendah seperti Escherichia coli. Para peneliti percaya, bahwa probiotik memiliki efek perlindungan dari spesies bakteri yang merugikan.

Kapan Memberi Kucing Probiotik?

Dr. Emily Cross menyampaikan jika teman wooku melihat perubahan pada kotoran kucing, probiotik dapat membantu. menggunakan probiotik dalam praktiknya setiap hari, paling sering untuk mengobati gangguan pencernaan. Diperlukan waktu satu atau dua hari hingga beberapa minggu untuk melihat hasil dari probiotik pada kucing. Menggunakan probiotik pada kucing dapat membantu menjaga saluran pencernaan kucing teman wooku agar tetap sehat secara keseluruhan.