8 Cara Meningkatkan Kesehatan Pencernaan Kucing

Kesehatan pada kucing dimulai dari sistem pencernaan, hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh dan kebahagiaannya. Sistem pencernaan pada kucing membantu proses mencerna berbagai makanan dan mendapatkan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatannya secara keseluruhan.

Pada tubuh kucing mengandung ratusan jenis mikroorganisme bersel tunggal yang terdiri dari bakteri dan mikroba lainnya. Mikroorganisme tersebut berada saluran pencernaannya, yang disebut sebagai mikrobioma usus. Bakteri usus sangat penting dalam aktivitas pencernaan dan mendapatkan nutrisi dari makanan yang dimakan kucing teman wooku.

Bakteri usus yang menguntungkan dapat dirugikan oleh paparan antibiotik, antimikroba, zat tambahan makanan, obat-obatan, dan banyak lagi. Ketika bakteri usus tidak seimbang, dapat terjadi gangguan pencernaan kronis, seperti penyakit radang usus. Sekarang penting untuk untuk menjaga kesehatan usus kucing tetap dalam kondisi yang optimal. Tapi bagaimana kita
melakukannya?

Di bawah ini kami telah mengumpulkan delapan cara untuk meningkatkan kesehatan usus kucing teman wooku.

1. Diet

Adanya bakteri pada usus membantu kucing teman wooku dalam mencerna makanan, jenis makanan yang dimakan hewan peliharaan akan mempengaruhi jenis bakteri mana yang berkembang di usus. Kucing yang makan makanan kucing berkarbohidrat tinggi sering memiliki mikrobioma usus dengan jumlah bakteri karbohidrat yang berlebihan. Beberapa dari bakteri ini telah dikaitkan dengan peradangan, berpotensi mengakibatkan masalah kesehatan kucing.

Ingat, kucing adalah hewan karnivora sejati, yang berarti bahwa bagi kebanyakan kucing, diet terbaik adalah tinggi protein dan rendah karbohidrat.

2. Prebiotik

Beberapa orang melengkapi makanan kucing mereka dengan menambahkan prebiotik. Secara khusus, prebiotik adalah suatu senyawa kimi yang membantu dalam metabolisme sistem pencernaan pada kucing. Hal ini dapat membantu mereka menghasilkan lebih banyak bakteri usus yang baik dan mengurangi kemungkinan masalah pencernaan seperti diare. Prebiotik akan membantu proses kesehatan saluran pencernaan dan menjaga daya tahan tubuh kucing teman woooku.

3. Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang membantu menjaga dan meningkatkan keseimbangan mikrobiota di usus dan mendukung kesehatan tubuh kucing secara menyeluruh. Mikroorganisme hidup ini akan membantu mencegah berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Umumnya jenis mikroorganisme yang digunakan ialah bakteri. Bakteri dalam saluran pencernaan kucing mengubah beberapa gula menjadi asam organik (terutama asam laktat dan asetat), yang akan menurunkan angka pH dalam usus dan akan menghambat pertumbuhan mikroorganisme merugikan.

Koloni bakteri baik didalam saluran pencernaan kucing diperlukan agar kondisinya selalu normal. Kadang kala kucing kita mengalami suatu penyakit yang berhubungan dengan obat seperti antibiotik, hal ini juga yang menyebabkan populasi bakteri baik berkurang. Disinilah peran suplemen probiotik untuk mengembalikan populasi bakteri pada saluran pencernaan kucing agar jumlahnya seimbang.

Karena kucing adalah karnivora dengan perut yang sangat asam, jauh lebih asam daripada manusia atau anjing, penting untuk menemukan probiotik dapat melindungi bakteri di dalamnya dari asam lambung dan memungkinkan bakteri tersebut mencapai usus.

4. Antibiotik

Tidak semua bakteri adalah anggota komunitas usus kucing yang bermanfaat. Terkadang kucing teman wooku mungkin mengalami infeksi atau pertumbuhan berlebih oleh bakteri yang berbahaya. Antibiotik membunuh target mereka dengan menghambat fungsi penting kehidupan bakteri. Namun, ternyata sebagian besar antibiotik akan membunuh bakteri berbahaya serta menghilangkan bakteri menguntungkan yang dibutuhkan untuk usus yang sehat.

Antibiotik untuk kucing dapat menyebabkan perubahan jangka panjang pada kesehatan usus kucing teman wooku. Namun, mereka adalah bahan penting yang diperlukan untuk membantu kesehatan kucing. Antibiotik hanya dapat diperoleh dengan resep dari dokter hewan, dan teman wooku harus menggunakannya seperti yang diinstruksikan.

Jika kucing teman wooku membutuhkan antibiotik, teman wooku perlu mempertimbangkan untuk mendukung mikrobioma mereka selama dan setelah perawatan. Teman wooku dapat mempertimbangkan dengan menggunakan suplemen probiotik untuk mendapatkan bakteri menguntungkan yang hilang akibat pengobatan antibiotik.

5. Kebersihan Gigi

Ketika kesehatan mulut diabaikan, bakteri yang terkait dengan peradangan kronis menjadi lebih banyak di mulut. Bakteri yang tinggal di mulut ini biasanya tidak bertahan hidup di saluran pencernaan, di mana mereka biasanya dikalahkan oleh bakteri yang secara spesifik hidup di saluan pencernaan.

Namun, penelitian terbaru pada tikus menunjukkan bahwa bakteri seperti Klebsiella yang biasanya hidup di mulut dapat menyebabkan penyakit usus seperti penyakit radang usus (IBD), kolitis ulseratif, dan penyakit Crohn. Studi tersebut menemukan bahwa ketika jenis bakteri tertentu dari mulut masuk ke usus dan menetap di usus, mereka dapat memicu peradangan kronis.

Begitu bakteri mulut seperti Klebsiella berada di usus, mereka akan menyebabkan disbiosis (ketidakseimbangan) mikrobiota usus dan peradangan kronis. Menyikat gigi kucing teman wooku menggunakan pasta gigi yang dirancang untuk kucing adalah satu-satunya cara terbaik untuk menghindari masalah ini, karena akan mengurangi kelimpahan bakteri seperti Klebsiella yang
berhubungan dengan peradangan kronis.

6. Latihan

Kucing yang aktif memiliki lebih banyak Faecalibacterium yang hidup di ususnya daripada kucing yang kurang aktif, sehingga menurunkan risiko terkena penyakit pencernaan kronis dan bahkan beberapa jenis kanker.

Untuk kucing dalam ruangan, mungkin sulit untuk membuatnya bergerak. Teman wooku mungkin bisa mencoba berbagai kegiatan, seperti bermain dengan laser, bermain dengan bola benang, dan coba berikan mainan tongkat atau sejenis pancingan.

7. Stimulasi Mental

Bakteri usus dapat memengaruhi suasana hati kucing teman wooku dan ternyata suasana hati juga dapat mempengaruhi mikrobioma kucing. Stres telah terbukti membuat mikrobioma pada kucing menuju keadaan yang tidak sehat. Jika kucing teman wooku sedang menderita masalah pencernaan, stres akan memperburuk gejalanya.

Stimulasi mental adalah cara yang bagus untuk menjaga perhatian kucing teman wooku. Untuk menghibur kucing, teman wooku dapat memberikan mainan baru, melatih kucing dengan clicker, atau memberikan hadiah makanan ketika aktif bermain.

8. Eksposur ke Luar Ruangan

Bakteri yang berpotensi baik untuk kucing teman wooku berada di alam baik itu di tanah, di tanaman, dan bahkan di udara. Kucing yang menghabiskan sebagian waktunya di luar ruangan mempunyai beberapa keuntungan lain, yaitu lebih banyak bergerak, lebih banyak menerima stimulasi dari dunia luar serta mendapatkan udara lebih segar dan mendapatkan manfaat
dari sinar matahari.

Nutrisi yang baik merupakan kunci pertumbuhan dan daya tahan tubuh kucing agar senantiasa dalam kondisi prima. Oleh sebab itu, berikan suplemen probiotik WookuWooku yang jelas mengandung bakteri baik dan bahan alami yang akan memberikan kebaikan di saluran pencernaan kucing kesayangan teman wooku.