4 Penyakit Kucing Yang Disebabkan Virus Dan Bakteri

Seperti manusia, kucing teman wooku juga bisa jatuh sakit dan menghadapi berbagai masalah kesehatan. Dalam situasi seperti itu, teman wooku harus memperhatikan gejalanya sehingga dapat menjelaskannya dengan benar kepada dokter hewan. Pengobatan teratur, pola makan yang benar dan istirahat seperti yang ditentukan oleh dokter hewan harus diberikan kepada kucing teman wooku untuk menyembuhkan penyakitnya.

Hewan peliharaan adalah anggota penting dari keluarga kita. Karena mereka membuat kita bahagia dan sehat, sangat memilukan ketika mereka jatuh sakit dan merasa kesakitan. Kita bisa merasa tidak berdaya untuk membuat mereka merasa lebih baik.

Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri tertentu yang cukup berbahaya bagi kucing teman wooku, yaitu:

Feline Panleukopenia Virus (FPV)

Panleukopenia adalah penyakit menular pada kucing yang disebabkan oleh parvovirus. Virus ini sangat mudah meninfeksi anak kucing. Panleukopenia dapat menginfeksi kucing dengan cara merusak sel-sel yang aktif membelah pada usus, sumsum tulang, dan janin kucing. Jenis virus ini dapat bertahan hingga satu tahun. Gejala yang dialami kucing teman wooku, seperti nafsu makan menghilang, diare hebat, muntah, dan depresi.

Feline Calici Virus

Calicivirus merupakan salah satu virus yang menjadi penyebab penyakit pernafasan pada kucing teman wooku. Sekitar 85 90% dari penyakit pernafasan pada hewan kucing disebabkan oleh calicivirus dan rhinotracheitis. Penyebaran virus bisa melalui air liur, kotoran, dan cairan (mata dan hidung). Vaksinasi dapat mengurangi kejadian dan tingkat keparahan gejala klinis penyakit ini.

Virus ini kebal terhadap beberapa desinfektan dan dapat bertahan diluar tubuh kucing mulai 8 sampai 10 hari. Banyak kasus terjadi pada kucing yang telah sembuh namun tetap bisa menularkan penyakit. Gejala kucing sakit yang umum berupa bersin-bersin, batuk, pilek, cairan keluar berlebih dari mata dan hidung, sariawan berkepanjangan, demam tinggi, radang paru-paru (pneumonia), dan mata menyipit.

Chlmydophilosis

Bakteri Chlamydia psitacii (Chlamydophila felis) merupakan salah satu jenis yang menyebabkan penyakit pada kucing. Bakteri ini akan menyerang pada saluran pernafasan bagian atas pada kucing sehingga dapat menyebabkan flu. Bakteri juga akan menyerang pada konjunctiva mata sehingga menyebabkan mata kemerahan, berair, dan bengkak Gejala Chlamidiosis, antara lain nafsu makan berkurang, flu, nafas berat, dan pneumonia.

Penularan dapat terjadi karena :

  • Langsung: Kontak dengan kucing yang sudah terinfeksi, dapat melalui cairan yang keluar dari mata dan hidung
  • Tidak Langsung: Terjadi kontak dengan lingkungan yang terinfeksi bakteri Chlamydia. Bakteri hidup di kandang, tempat
    tidur, tempat makan, tempat minum, dan kotak pasir. Bakteri juga dapat ditularkan melalu manusia setelah melakukan kontak dengan kucing yang terinfeksi.

Feline Rhinotracheitis

Feline Rhinotracheitis penyakit ini disebabkan oleh virus herpes. Virus herpes dapat menyebabkan terganggunya kesehatan kucing teman wooku yaitu pada saluran nafas bagian atas. Lama inkubasi berkisar antara 3 – 5 hari terhitung dari masa dari virus masuk sampai menimbulkan gejala.

Beberapa gejala yang muncul adalah hidung berlendir, mata mengeluarkan kotoran, demam, bersin mendadak, dan tidak terkontrol, dan lemas Penyebab penyakit ini bisa disebabkan oleh, stres, kurangnya nutrisi, santasi dan higienitas kurang baik, dan populasi kucing dalam suatu lingkungan terlalu banyak.